Breaking News

About

About

Follow Us

Follow us on FaceBook

Rabu, 12 Maret 2014

Microsoft Excel 2007

Microsoft Excel 2007
Microsoft Excel adalah program atau aket untuk memanipulasi lembar kerja elektronik, karena terdiri dari kolom dan baris. Microsoft excel banyak di gunakan dalam pengolahan informasi, khususnya data yang terbentik angka dalam perhitungan proyeksi, analis, presentasi, pembuatan tembar kerja, grafik, dan menejemen data base.

Berikut ini adalah beberapa ekstensi Microsoft Excel:
  • *.xls, merupakan format default Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
  • *.xlt, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.
  • *.XML, atau yang disebut sebagai XML Spreadsheet. Tidak mampu menampung macro VBA.
  • *.xla, merupakan format untuk Excel Add-in sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA, mengingat tujuannya adalah untuk menambahkan kemampuan Microsoft Excel.
  • *.xlsx, merupakan format default worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML. Tidak dapat menyimpan macro VBA, karena alasan keamanan. Sebenarnya merupakan sebuah arsip terkompres berformat ZIP dengan struktur dokumen yang terdiri atas dokumen teks XML. Adalah pengganti dari format .xls yang kuno.
  • *.xlsm, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dapat menyimpan macro VBA.
  • *.xlsb, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dikodekan dalam bentuk biner. Format ini memiliki keunggulan lebih kepat dibuka dan lebih efisien, mengingat tujuan dibuatnya format ini adalah untuk menangani worksheet yang sangat besar yang terdiri atas puluhan ribu baris atau ratusan kolom.
  • *.xltm, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML tapi mampu menyimpan macro VBA. Merupakan pengganti dari format *.xlt.
  • *.xlam, merupakan format untuk Excel Add-in untuk menambah kemampuan Excel 12. Secara default mampu menangani macro VBA, mengingat tujuannya adalah menambahkan kemampuan Excel.

Pengenalan Microsoft Excel

1. Office Buttoon 
    Kumpulan dari perintah-perintah seperti membuka dokumen, membuat dokumen baru, mencetak      dokumen dan perintah lainnya.
2. Toolbar / Quick Access Toolbar  
 Untuk mempercepat menggunakan perintah karena di quick access toolbar terdapat perintah seperti    mancetak ,menyimpan , membuka dan lain-lain , anda juga bisa menambahkan perintah-perintah yang anda  inginkan dengan mengklik arah panah yang terdapat diujung Quick Access Toolbar 
 maka akan muncul seperti yang di bawah ini
 ceklis saja perintah yang ingin anda akan tampilkan.

3. Menu Bar
Deretan menu , dimana masing-masing mempunyai sub-sub menu. menu bar terdiri atas : Home , Insert , Page Layout , Formulas , Data , Review , View.
4.  Judul 
Nama Dokumen dari lembar kerja yang aktif.
5. Ribbon
Sub menu dari menu bar yang berisi icon yang memiliki fungsi tertentu
6. Nama range
Penggabungan antar sel / beberapa sel pada lembar sheet..
7. Kolom
Baris lajur yang diberi simbol A...Z...XFD yang berjumlah 16.384
8. Baris
Baris yang diberi simbol angka yang berjumlah 1.048.576
9. Lembar Kerja
area untuk membuat isi dokumen 
10. Fungsi
untuk mengetikan fungsi-fungsi yang akan kita gunaka.
11. Lembar Aktif
lembar yang sedangg kita kerjakan.
12. Penggulung Vertikal
Penggulung dari atas ke bawah.
13. Penggulung Horizontal
Penggulung dari kanan ke kiri atu sebaliknya.

Command Button adalah tombol yang digunakan sebagai pemicu (trigger) untuk menjalankan sebuah event, misalnya menjumlahkan, menerjemahkan, memasukkan, menghapus input dan lain-lain.

Fungsi hlookup dan vlookup

Pengertian fungsi hlookup adalah untuk membaca tabel  p embantu atau tabel pembanding yang kita susun secara vertikal yaitu kolom dari atas kebawah.

RUMUS UMUM VLOOKUP =VLOOKUP 
(VLOOKUP_VALUE;TABEL_ARRAY;COL_NUM_DEX)

Pengertian fungsi vlookup adalah untuk membaca tabel pembantu  atau tabel pembanding yang kita susun secara horizontal yaiu dari baris dari kanan ke kiri.

RUMUS UMUM HLOOKUP =HLOOKUP (HLOOKUP_VALUE;TABEL_ARRAY;BOW_NUM_DEX)

Fungsi String Atau Teks 

Adalah fungsi yang menangani data berjenis karakter atau teks.beberapa fungsi string yang sering digunakan:
1.LEFT(TEKS,ATAU SELL ,JUMLAH KARAKTER) yaitu untuk mengambil karakter pada label dari kiri sebanyak N karakter.

RUMUS  =IF (LEFT(text,num_chars))

2.RIGHT(TEKS ATAU SELL,JUMLAH KARAKTER)yaitu untuk mengambil karakter pada label dari kanan sebanyak N karakter. 

RUMUS=IF(RIGHT(text, num_chars))

3.MID(TEKS ATAU SELL,MULAI DIAMBIL PADA POSISI YANG DISEBUTKAN ,JUMLAH KARAKTER)yaitu mengambil karakter pada label di mulai dari posisi yang di sebutkan terhitung dari kiri,sebanyak N karakter 

RUMU=IF (MID (text,start_num,num_chars))

Mengahapus Kolom 


Blok Kolom yang akan dihapus 
lalu klik ribbon Delete pada Grup Cell
Lalu Pilih Delete Sheet Columns
Maka Hasilnya akan Seperti ini 

Menambahkan Mata Uang "Rp"



  Blok kolom TAGIHAN
Pilih arah panah yang terdapat di pojok di grup NUMBERS

Klik Accounting lalu ubah decimal place menjadi 0 dan ubah simbol menjadi rupiah 
lalu klik OK , maka akan tampil seperti dibawah ini 


Memasukan Baris

tempat pada cell yang akan disisipkan baris baru

lalu klik insert pada grup cell

Pilih insert sheet rows
Hasilnya 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By VungTauZ.Com