Microsoft Excel adalah
program atau aket untuk memanipulasi lembar kerja elektronik, karena terdiri
dari kolom dan baris. Microsoft excel banyak di gunakan dalam pengolahan
informasi, khususnya data yang terbentik angka dalam perhitungan proyeksi,
analis, presentasi, pembuatan tembar kerja, grafik, dan menejemen data base.
Berikut ini adalah beberapa ekstensi Microsoft Excel:
*.xls, merupakan format default Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.*.xlt, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA.*.XML, atau yang disebut sebagai XML Spreadsheet. Tidak mampu menampung macro VBA.*.xla, merupakan format untuk Excel Add-in sebelum Excel 12. Masih berbasis format BIFF dan dapat menyimpan macro VBA, mengingat tujuannya adalah untuk menambahkan kemampuan Microsoft Excel.*.xlsx, merupakan format default worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML. Tidak dapat menyimpan macro VBA, karena alasan keamanan. Sebenarnya merupakan sebuah arsip terkompres berformat ZIP dengan struktur dokumen yang terdiri atas dokumen teks XML. Adalah pengganti dari format.xlsyang kuno.*.xlsm, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dapat menyimpan macro VBA.*.xlsb, merupakan format worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML, tapi dikodekan dalam bentuk biner. Format ini memiliki keunggulan lebih kepat dibuka dan lebih efisien, mengingat tujuan dibuatnya format ini adalah untuk menangani worksheet yang sangat besar yang terdiri atas puluhan ribu baris atau ratusan kolom.*.xltm, merupakan format untuk template worksheet Microsoft Excel 12, yang telah berbasis XML tapi mampu menyimpan macro VBA. Merupakan pengganti dari format*.xlt.*.xlam, merupakan format untuk Excel Add-in untuk menambah kemampuan Excel 12. Secara default mampu menangani macro VBA, mengingat tujuannya adalah menambahkan kemampuan Excel.
Pengenalan Microsoft Excel
1. Office Buttoon
Kumpulan dari perintah-perintah seperti membuka dokumen, membuat dokumen baru, mencetak dokumen dan perintah lainnya.
2. Toolbar / Quick Access Toolbar
Untuk mempercepat menggunakan perintah karena di quick access toolbar terdapat perintah seperti mancetak ,menyimpan , membuka dan lain-lain , anda juga bisa menambahkan perintah-perintah yang anda inginkan dengan mengklik arah panah yang terdapat diujung Quick Access Toolbar
maka akan muncul seperti yang di bawah ini
ceklis saja perintah yang ingin anda akan tampilkan.
3. Menu Bar
Deretan menu , dimana masing-masing mempunyai sub-sub menu. menu bar terdiri atas : Home , Insert , Page Layout , Formulas , Data , Review , View.
4. Judul
Nama Dokumen dari lembar kerja yang aktif.
5. Ribbon
Sub menu dari menu bar yang berisi icon yang memiliki fungsi tertentu
6. Nama range
Penggabungan antar sel / beberapa sel pada lembar sheet..
7. Kolom
Baris lajur yang diberi simbol A...Z...XFD yang berjumlah 16.384
8. Baris
Baris yang diberi simbol angka yang berjumlah 1.048.576
9. Lembar Kerja
area untuk membuat isi dokumen
10. Fungsi
untuk mengetikan fungsi-fungsi yang akan kita gunaka.
11. Lembar Aktif
lembar yang sedangg kita kerjakan.
12. Penggulung Vertikal
Penggulung dari atas ke bawah.
13. Penggulung Horizontal
Penggulung dari kanan ke kiri atu sebaliknya.
Command Button adalah tombol yang
digunakan sebagai pemicu (trigger) untuk menjalankan sebuah event, misalnya
menjumlahkan, menerjemahkan, memasukkan, menghapus input dan lain-lain.
Fungsi hlookup dan vlookup
Pengertian fungsi hlookup adalah untuk membaca tabel p embantu atau tabel pembanding yang kita
susun secara vertikal yaitu kolom dari atas kebawah.
RUMUS UMUM VLOOKUP =VLOOKUP
(VLOOKUP_VALUE;TABEL_ARRAY;COL_NUM_DEX)
Pengertian fungsi vlookup adalah untuk membaca tabel
pembantu atau tabel pembanding yang kita
susun secara horizontal yaiu dari baris dari kanan ke kiri.
RUMUS UMUM
HLOOKUP =HLOOKUP (HLOOKUP_VALUE;TABEL_ARRAY;BOW_NUM_DEX)
Fungsi String Atau Teks
Adalah fungsi yang
menangani data berjenis karakter atau teks.beberapa fungsi string yang sering
digunakan:
1.LEFT(TEKS,ATAU SELL
,JUMLAH KARAKTER) yaitu untuk mengambil karakter pada label dari kiri sebanyak
N karakter.
RUMUS =IF (LEFT(text,num_chars))
2.RIGHT(TEKS ATAU
SELL,JUMLAH KARAKTER)yaitu untuk mengambil karakter pada label dari kanan
sebanyak N karakter.
RUMUS=IF(RIGHT(text, num_chars))
3.MID(TEKS ATAU SELL,MULAI
DIAMBIL PADA POSISI YANG DISEBUTKAN ,JUMLAH KARAKTER)yaitu mengambil karakter
pada label di mulai dari posisi yang di sebutkan terhitung dari kiri,sebanyak N
karakter
RUMUS =IF (MID (text,start_num,num_chars))
Mengahapus Kolom
Blok Kolom yang akan dihapus
lalu klik ribbon Delete pada Grup Cell
Lalu Pilih Delete Sheet Columns
Maka Hasilnya akan Seperti ini
Menambahkan Mata Uang "Rp"
Blok kolom TAGIHAN
Pilih arah panah yang terdapat di pojok di grup NUMBERS
Klik Accounting lalu ubah decimal place menjadi 0 dan ubah simbol menjadi rupiah
lalu klik OK , maka akan tampil seperti dibawah ini

















Tidak ada komentar:
Posting Komentar